Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BUKU SAKU USUL NAIK PAK


BUKU SAKU 2020
USUL PAK/NAIK PANGKAT
Naik Pangkat semudah Edit RPP



Oleh:
Sudirmantoko, S.Pd.I, M.Pd*


*Praktisi dan Konsultan Pendidikan, mengajar di MTs Negeri 2 Kutai Kartanegara, aktif dalam kegiatan PGRI, membuat berbagai aplikasi administrasi guru dan pengasuh Darul Qur’an al-Falah di Kota Bangun.



Lega rasanya….
Akhir Tahun 2019 tadi bisa juga usul PAK untuk kenaikan pangkat

Gampang…. Tinggal ganti-ganti data seperti edit RPP

Bapak ibu guru tentunya pernah mengalami masalah yang sama seperti saya dan teman-teman seprofesi guru lainnya.

Coba hitung jika kita satu tahun terlambat naik pangkat.
Selisih kenaikan gaji paling sedikit Rp. 150rb/bulan
Artinya jika tertunda tidak naik pangkat/golongan satu tahun uang yang kita sia-siakan sebesar Rp. 150rb x 12 bulan = 1,8 juta

Waw….

Itu selisih kenaikan terendah, bagaimana kalau kenaikannya 200rb atau 250rb perbulan tambah banyak lagi rupiah yang kita sia-siakan,
Bagaimana kalua 2 tahun tertunda, itu sama saja kita sia-siakan uang 2 x 1,8 juta = 3,6 juta

Masalahnya utama guru tidak usul pak bukan tidak mau tapi….
·        Gak tau caranya
·        Bingung data apa yang dikumpul
·        Katanya sulit dan ribet
Katanya harus pakai Du*t untuk Nyo**k


Fakta yang kawan-kawan kami alami
·         Yang bayar pakai duit semua GAGAL alias SK tidak keluar (syukur gak ikut-ikutan)
·         Yang step by step menyusun mengikuti Guide …alhamdulillah 100% SK keluar dan Gak pakai Nyo**k
Memang ada biaya untuk beli kertas 1 rim, tinta, kertas cover, lakban, staples, Binder clip dan tas plastik + ini yang sangat penting yaitu master file usul PAK


Apa syarat PAK untuk tiap Pangkat dan Golongan, ini yang wajib dipenuhi.





Adapun Ragam Publikasi Ilmiahnya sebagai berikut:
 


Bagaimana Tahapan/langkah-langkah dari awal persiapan menyusun berkas
1.      Kumpulkan berkas sesuai urutan Berkas 1 isinya:
No
Dokumen
1
Surat Pengantar Dari Satuan kerja
2
Fotocopy Sah PAK Terakhir
3
Fotocopy Sah SK CPNS/PNS
4
Fotocopy sah Ijazah dan Transkrip
5
Fotocopy sah Kartu Pegawai
6
Fotocopy sah Konversi NIP Baru
7
Fotocopy Sah SK Pangkat Terakhir
8
Fotocopy SK Mutasi
9
Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
2.      Kumpulkan berkas 2 ini khusus jika SK PAK anda terakhir dibawah tahun 2013, isinya:
No
Dokumen
1
Dupak sesuai Permenpan 84 th. 1993
2
Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan PBM
3
SK Pembagian Tugas Mengajar
4
Ijazah, Transkrip, surat ijin belajar
5
Bukti Fisik Pengembangan diri

3.      Untuk Berkas 3 kumpulkan berdasarkan Tahun misalnya Tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017 dst, isinya:
No
Dokumen
1
Daftar Usul Penetapan Angka Kredit
2
Surat Melaksanakan Tugas Pembelajaran/bimbingan/tugas tertentu
3
Surat Pernyataan melakukan Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
4
Surat Pernyataan melakukan kegiatan penunjang tugas guru
5
Fotocopy SK Pembagian Tugas Guru
6
Foto copy tugas tambahan
7
SK pembagian tugas mengajar
8
PK-G

4.      Klip berkas dan berilah kertas coretan isi dari berkas yang diklip untuk memudahkan mengisi SKP
5.      Isi PK-Guru usahakan tiap tahun nilainya meningkat dengan aplikasi excel PK-Guru  yang
6.      Buat SKP (pastikan SKP yang dibuat bukti fisiknya ada, kalau belum ada lebih baik buat dulu bukti fisiknya baru buat SKP supaya tidak kerja dua kali)
7.      Buat Daftar usulan Penentapan Angka Kredit (DUPAK) tiap Tahun sesuai SKP, berapa total angka kredit di SKP harus sama dengan total Angka kredit di DUPAK
8.      Ingat SKP dan DUPAK dibuat per tahun
9.      Photo copi/print bukti fisik menjadi 2 Rangkap
10.  Susunlah berkas sesuai urutan pada berkas usulan
11.  Jilid untuk setiap laporan contohnya
a.       Pengembangan diri dengan cover putih
b.      Publikasi Ilmiah dengan cover hijau
c.       Karya inovatif dengan cover merah
d.      Unsur penunjang dengan cover biru
12.  Untuk nilai angka kredit setiap bukti fisik bisa dicek di dalam aplikasi SKP.

PANDUAN MENYUSUN USUL PAK YANG SUDAH DIBUAT
1.      Cetak (print) terlebih dahulu file lembar usulan
2.      kemudian Cetak surat pengantar
3.      Cetak dan pisahkan hasil cetak setiap folder kalau ditumpuk berilah tanda pemisah untuk mempermudah penyusunan, karena DUPAK dan bukti fisik akan di susun per tahun seperti dalam folder
4.      Cetak Berkas III
5.      Cetak berkas III Tahun 2014 (isi folder tahun 2014 menyesuaikan jika ada folder sebelumnya print tahun sebelumnya dulu)
a.       Print file Aplikasi PK-Guru, yang dicetak hanya 2 lembar format C dan Format D (masing masing 2 Rangkap) sheet lainnya dalam file tersebut tidak perlu dicetak
b.      Cetak SKP (Formulir SKP, Penilaian SKP dan DP3) dengan cara klik yang warna orange sesuai tulisan, juga dibuat 3 Rangkap
c.       Cetak Dupak 1 rangkap
d.      Cetak Surat Pernyataan PKB 1 rangkap
e.       Cetak Buku Pedoman Guru 1 rangkap
f.        Cetak Soal Cerdas Cermat (Karya Inovatif) 1 rangkap
g.       Cetak Surat Pernyataan Unsur Penunjang 1 Rangkap
h.      Cetak Surat Pernyataan KBM 1 rangkap
i.         Cetak Cover Unsur Penunjang 1 Rangkap
6.      Lakukan hal yang sama terhadap folder tahun 2015-2016-2017 dan 2018 dan seterusnya
7.      Sebelum menyusun hasil print/cetak, maka terlebih dahulu photo copy/cetak bukti fisik
8.      Bukti Fisik Berkas I isinya:
a.       Lihat dilembar usulan berkas I
1
Fotocopy Sah PAK Terakhir
2
Fotocopy Sah SK CPNS/PNS
3
Fotocopy sah Ijazah dan Transkrip
4
Fotocopy sah Kartu Pegawai
5
Fotocopy sah Konversi NIP Baru
6
Fotocopy Sah SK Pangkat Terakhir
7
Fotocopy SK Mutasi (jika ada)

9.      Kemudian photo copy bukti fisik berkas III Tahun 2014
a.       SK Pembagian Tugas SMT 2 TP 2013/2014 dan SK Pembagian Tugas SMT 1 TP 2014/2015 sebanyak 1 rangkap
b.      SK Mengawas 2 semester Tahun 2014 sebanyak 1 rangkap
c.       Kartu PGRI 1 lembar
d.      Jika ada sertifikat tahun tersebut photocopy juga sertifikatnya (bolak-balik)
e.       Dll (sesuaikan isi SKP)
10.  Kemudian Photo copy bukti fisik berkas III Tahun 2015
a.       SK Pembagian Tugas SMT 2 TP 2014/2015 dan SK Pembagian Tugas SMT 1 TP 2015/2016 sebanyak 1 rangkap
b.      SK Mengawas 2 semester Th. 2015 sebanyak 1 rangkap
c.       Kartu PGRI 1 lembar
d.      Sertifikat Seminar sebanyak 1 rangkap (jika ada)
e.       Sertifikat bolak-balik sebanyak 1 rangkap (jika ada)
f.        Dll (sesuaikan isi SKP)
11.  Kemudian Photo copy bukti fisik berkas III Tahun 2016
a.       SK Pembagian Tugas SMT 2 TP 2015/2016 dan SK Pembagian Tugas SMT 1 TP 2016/2017 sebanyak 1 rangkap
b.      SK Mengawas 2 semester Th. 2016 sebanyak 1 rangkap
c.       Kartu PGRI 1 lembar
d.      Dll (sesuaikan isi SKP)
12.  Kemudian Photo copy bukti fisik berkas III Tahun 2017
a.       SK Pembagian Tugas SMT 2 TP 2016/2017 dan SK Pembagian Tugas SMT 1 TP 2017/2018 sebanyak 1 rangkap
b.      SK Mengawas 2 semester Th. 2017 sebanyak 1 rangkap
c.       Kartu PGRI 2 lembar
d.      Dll (sesuaikan isi SKP)
13.  Kemudian photo copy bukti fisik berkas III Tahun 2018
a.       SK Pembagian Tugas SMT 2 TP 2017/2018 dan SK Pembagian Tugas SMT 1 TP 2018/2019 sebanyak 1 rangkap
b.      SK Mengawas 2 semester Th. 2018 sebanyak 1 rangkap
c.       Kartu PGRI 2 lembar
d.      Sertifikat  pelatihan bolak balik dan rangkap 1 (jika ada)
e.       Dll (sesuaikan isi SKP)
14.  Jangan disusun dulu
15.  Cetak dulu cover
a.       Laporan Pengembangan diri 1 rangkap pakai kertas cover warna putih
b.      Buku Pedoman Guru TP 2014-2019 1 rangkap pakai kertas cover warna Hijau
c.       Cetak Cover Jurnal dan Modul Bank Soal  dll juga dengan cover warna Hijau
d.      Cetak Cover PTK (jika ada) juga dengan warna Hijau
e.       Cetak Cover soal cerdas cermat di tahun 2014-2016 dengan warna merah
f.        Cetak cover unsur penunjang dengan warna Biru
16.  Selanjutnya mulai menyusun berkas
17.  Susun berkas 1 sesuai urutan yang ada pada usulan berkas 1 (kecuali SKP belakangan saja, karena SKP ada ditumpukan berkas III tahun 2014-2018) masuk ke berkas I, dibuat 3 rangkap
18.  Susun berkas Tahun 2014-2019 dengan staples
a.       Gabungkan Format C dan Format D
b.      Gabungkan SKP
c.       Gabungkan hasil cetak DUpak
d.      Susun dan beri cover sekalian buku pedoman, karya inovatif dan unsur penunjang
e.       Untuk unsur penunjang sekalian dimasukkan bukti fisiknya berupa kartu PGRI dan SK mengawas
f.        Susun berdasarkan usulan berkas III setiap tahunnya
g.       Khusus untuk pengembangan diri, beri cover hasil print laporan+surat persetujuan kemudian masukkan photocopy sertifikatnya baru cover belakang)
h.      Untuk berkas yang ada covernya dijilid
i.         Sedangkan yang tidak ada covernya cukup diklip/Binder dengan yang lainnya dipisah setiap tahun.

Semoga bermanfaat.

Tersedia berkas usul dari
IIa ke IIIa Penyesuaian
IIIa ke IIIb
IIIb ke IIIc
IIIc ke IIId
IIId ke IVa

Konsultasi dan Informasi
Silakan hubungi:
Sudirmantoko, S.Pd.I, M.Pd
HP. WA. 085246113543
e-Mail: akhi.akhi83@gmail.com


GAMBARAN ISI FILE
Isi file IIa ke IIIa penyesuaian tahun 2017-2018







IIIa ke IIIb tersedia mulai 2013-2018












IIIb ke IIIc mulai tahun 2014-2018













IIIc ke IIId 2011-2013, 2014-2017













IIId ke IVa tersedia mulai tahun 2014-2017

Sudirmantoko
Sudirmantoko Luruskan niat, perbaiki akhlaq dan kuatkan aqidah untuk kontak hub 085246113543

Post a Comment for "BUKU SAKU USUL NAIK PAK"

Rapidgator.net