MEMBANGUN SEKOLAH BERKUALITAS
SEKOLAH BERKUALITAS ?
Untuk apa sekolah kita ada?
Bismilah,
Ada 5 langkah dasar
yang harus dilakukan oleh guru dan KS dalam membangun mutu, yaitu:
Baca juga
next:
Untuk apa sekolah kita ada?
Setiap kita sangat berharap sekolah kita berkualitas atau bermutu, tulisan ini kami share untuk tujuan berbagi pengalaman mengenai membangun sekolah bermutu guna mewujudkan munculnya sekolah sekolah bermutu di Indonesia dan mengurangi jumlah sekolah bermasalahnya.
ada sebagaian kepala sekolah pemula bertanya dari mana kita memulai membangun mutu sekolah, apakah dari bangunan dulu, siswanya dulu yang bermutu atau gurunya dulu, atau kepala sekolahnya dulu, atau gajinya dulu yang lebih perlu diperbaiki, nah tulisan ini mudah-mudahan menjembatani bagi anda yang mengimpinan mempunyai sekolah baik sekolah negeri maupun swasta yang bermutu.
pada postingan ini juga kami sisipkan bahan-bahan bacaan serta administrasi yang mudah-mudahan mempermudah bapak ibu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dalam hal menyispakan administrasi sekolah guna menunjang mutu sekolah, karena untuk diketahui banyak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah yang menghabiskan waktunya hanya untuk membuat format-format yang seharusnya waktu yang ada digunakan untuk memikirkan dan mengembangkan program yang sudah ditentukan.
baiklah supaya tidak bertele-tele dalam mempersiapkan atau membangun sekolah yang berkualitas atau bermutu, kita mulai saja, supaya lebih cepat diaplikasikan.
pada postingan ini saya akan sampaikan berdasarkan pengalaman penulis merintis dan menangani pendidikan baik di sekolah swasta maupun negeri, yang baru dibangun maupun yang sudah lama berdiri, semoga sedikit memberi pencerahan kepada bapak ibu semua.
Bismilah,
Untuk apa sekolah
kita ada?, adalah pertanyaan
yang perlu kita jawab sebelum berfikir lebih jauh tentang persiapan pembangunan
fisik sekolah. Ada dua alternatif tentunya yang kita akan pilih, pertama kita
ingin menambah jumlah sekolah berkualitas atau pilihan kedua menambah jumlah
sekolah bermasalah. Dua alternatif jawaban tersebut hampir semua lembaga pada
awal pendirian selalu memilih alternatif jawaban pertama, namun sayangnya
antara pilihan dan tindakan yang dilakukan tidak sesuai dengan jalur alternatif
pertama, bahkan lebih sering mengikuti jalur alternatif jawaban kedua.
Kesalahan umum yang
sering dilakukan oleh lembaga yang mendirikan sekolah baru adalah lemahnya
kemampuan dalam membuat perencanaan sekolah yang baik dan terukur, jika dalam
perencanaan telah mengalami kegagalan dan
jika tetap dipaksakan untuk dijalankan maka secara tidak sadar sekolah
telah merencanakan kegagalan. oleh karena itu ada 4 (empat) pertanyaan dasar
tentang mutu penting yang harus dijawab
oleh penyelenggara pendidikan sebelum memutuskan membuat lembaga pendidikan.
- Mengapa sekolah kita harus bermutu?
- Sudahkan semua orang yang akan terlibat di sekolah kita sadar akan mutu?
- Apakah mutu selalu yang mahal?
- Apakah sudah terfikir untuk menjadikan sekolah kita menjadi sekolah yang bermutu?
Berkaitan dengan mutu
sekolah setidaknya, dalam perencanaan sekolah mengacu pada pertanyaan:
1.
Adakah kualitas yang dijaminkan pada lulusan sekolah anda
?
2.
Adakah standar mutu yang ditetapkan sekolah untuk dicapai
bersama ?
3.
Adakah kesamaan visi semua personal tentang kualitas yang
mau dicapai siswa ?
4. Adakah benang merah
yang bisa ditarik dari setiap program sekolah dengan kualitas yang
akan dijaminkan pada siswa ?
Untuk memperoleh mutu
yang diharapkan 3 komponen utama Mutu di
sekolah yaitu Guru, Kepala Sekolah dan Sistem. Tiga komponen utama di atas
Kepala Sekolah lah yang menjadi kunci pembuka bagi optimalisasi 2 komponen lainnya.
Oleh karena itu, kepala sekolah mempunyai 3 peran strategis yaitu: Peran Kepala
Sekolah (KS) sebagai kekuatan pengaruh, peran KS sebagai kekuatan perubah dan
peran KS sebagai kekuatan pengembang.
1.
Menetapkan positioning
2.
Merumuskan deferensiasi keunggulan
3.
Melakukan benchmarking
4.
Membangun jaringan
5.
Menjadikan ibadah dan dakwah sebagai misi utama
Membangun tradisi mutu melalui penjaminan mutu pada setiap produk, terukur dan
berbasis perubahan perilaku, hal-hal yang dibutuhkan oleh setiap anak serta
diinginkan oleh setiap orang tua yang baik. Hal inilah yang menjadi esensi dari
kurikulum dan dijadikan ukuran kesuksesan kepala sekolah.
Harapan dan impian di
atas yang akan diwujudkan melalui kerjasama dan kesungguhan dalam mewujudkan
sekolah yang bermutu dengan kualitas anak didik yang berprestasi dan berakhlak
mulia.
berikut ini adalah contoh pengembangan untuk SD / MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK
kita mulai dari desain
Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah
Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah
Berikut bahan-bahan bacaan dan literatur yang dapat anda gunakan untuk memperkaya wawasan pengembangan sekolah bermutu (ada dapatkan secara gratis)
- Parenting skill
- RAPBS sekolah swasta sederhana
- Langkah-langkah menjadi wali kelas bermutu
- Standar mengelola kelas bagi wali kelas di sekolah unggul
- Format-format yang diperlukan di sekolah / madrasah dalam 1 folder lengkap
- Materi Pelatihan Menjadi Guru Sukses
- Konsep CTL
- Pembelajaran Kontekstual
Baca juga
next:
- Tips marketing sekolah
- Sinergi Building (membangun kebersamaan)
- Multiple Integensi dan pelayanannya
- Penelitian Tindakan Kelas
- Supervisi yang efektif
- Motivation Training
- Mendongkrak semangat belajar siswa
- Keterampilan berkomunikasi dalam sekolah dan ke publik untuk guru, siswa dan kepala sekolah
- Pelatihan menjadi wali kelas yang handal
- Membangun kekuatan bersama dalam pencapain visi
- Memompa prestasi siswa
- Kekuatan Pikiran menjadi sekolah besar dan guru yang hebat
- Quantum Learning
- Parenting Skill (pelatihan khusus untuk orang tua / wali siswa yang kooperatif)
- Analisis dan evaluasi pembelajaran, kegiatan dan sekolah
- Mempelajari cara berfikir siswa, guru dan orang lain
- Manajemen sekolah bermutu
- Quantum Spirit (Mendongkrak semangat pengabdian dan keikhlasan)
- Trik menjadi guru yang sukses
- Membangun Tata Tertib yang dipatuhi siswa, guru dan warga sekolah
- Membuat Siswa Aktif Belajar (student Active Learning)
- Super Teaching (pembelajaran yang hebat dan menyenangkan)
Post a Comment for "MEMBANGUN SEKOLAH BERKUALITAS"