Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curiga, Nilai Tugas dan Ulangan Online Siswa 100 semua.

Curiga,Nilai Tugas dan Ulangan Online Siswa 100 semua. 

Guru Curiga bukan hasil pekerjaan siswa, Bagaimana cara membuktikan kondisi sebenarnya


Memasuki hari kedua Penilaian Akhir Semester, Dunia Pendidikan kembali diramaikan akibat diskusi di forum-forum online terutama grup guru di Facebook yang membicarakan fakta di lapangan yang mereka temukan, Dimana nilai tugas online selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) semua siswa 100 bahkan nilai ulangan semester atau Penilaian Akhir Semester (PAS) semester Ganjil yang sudah berjalan dua hari ini pun juga 100.

Memang sebuah harapan dan kebanggan jika siswa kita berhasil menguasai apa yang kita ajarkan, namun jika kenyataannya seperti ini justru guru merasa ada yang tidak pas, atau ada yang janggal dari nilai-nilai yang diperoleh siswa dalam PJJ tahun ini, ditambah lagi komentar guru-guru yang mengajar di kelas bawah terutama kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar (SD/MI) melihat ada perubahan tulisan siswa yang sangat signifikan, lebih bagus dan lebih rapi, hal inilah yang menyebabkan guru Curiga jangan-jangan, jangan-jangan…

Ya…, jangan-jangan bukan siswa yang mengerjakan tugas online atau Ulangan Semester siswa, apakah mungkin orang tuanya atau kakaknya..?

Tapi, guru juga tidak bisa berprasangka buruk, karena selama PJJ siswa memang banyak menggunakan Hand Phone (HP) atau Gawai, yang tentunya dalam kondisi online sangat mudah untuk menemukan jawaban jika pertanyaannya hanya bersifat pengetahuan. Apakah salah jika siswa menjawab soal-soal tersebut menggunakan sumber belajar selain buku yang dibagikan, atau menggunakan akses Internet dengan bahasa yang lebih familiar mereka katakana bertanya kepada “mbah google” istilah mencari jawaban dengan browsing di penelusuran Google.


Tak dapat dipungkiri Google sebagai salah satu akses penelusuran terbaik memang memberi kemudahan bagi siswa untuk menemukan jawaban dibandingkan harus lelah dan capai atau berlama-lama membaca di buku, lantas apakah cara cerdas ini salah atau memang soal yang diberikan oleh guru-guru kita yang kurang merangsang anak berfikir kreatif dan menjawab dengan Bahasa mereka sendiri.

Demikian halnya saat Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan memanfaatkan Google Form, E learning atau bahkan ada yang diberikan kertas soal lalu dibawa pulang, apakah hal tersebut juga menjadi kesalahan jika siswa membuka akses Internet untuk menemukan jawabannya, sebuah tantangan dimana kualitas soal guru-guru yang dengan mudah dijawab oleh siswa cukup bermodalkan Akses Internet melalui Google. Jadi yang salah siapa? Anak-anak yang tidak jujur, atau kualitas soal dimasa pandemic yang harus di benahi.

Nah, sampai di sini, jika sudah terlanjur kita mendapatkan nilai tugas Online dan PAS yang dilakukan tanpa pengawasan dengan hasil yang sangat spektakuler, lalu bagaimana guru membuktikan bahwa kemampuan siswa yang ada di kelas atas (mempunya kemampuan baik) dan siswa yang ada di kelas bawah (perlu mendapatkan perhatian khusus), berikut ini beberapa cara mengidentifikasi dan memastikan kemampuan anak saat pembelajan Jarak Jauh (PJJ),

Cara pertama, bapak ibu bisa lakukan video Call atau Zoom Meeting untuk bertanya secara langsung tentang kemampuan berhitung dalam hal menjumlah dan mengurangi, atau meminta mereka membaca langsung saat video call maupun zoom meeting, dari kedua instrument tersebut maka akan terlihat kemampuan anak, ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menetukan great atau Ranking siswa, meskipun tidak perlu ditulis dirapot.

Cara kedua, jika tidak memungkinkan untuk video call atau zoom meeting, maka cara lain yang dapat dilakukan akan dengan meminta mereka membuat video membaca nyaring salah satu paragraph dalam buku, dari kelancaran dan ketepatan pelafalan bisa dipastikan siswa yang mempunyai kemampuan lebih atau meminta mereka membuat video menulis, khusus untuk hafalan mintalah mereka membuat video menghafal dengan cara memejamkan mata.

Demikianlah cara mudah membuktikan kemampuan sebenarnya siswa kita sebagai bahan pertimbangan sehingga nilai siswa bisa bervariasi di raportnya. Jika bapak ibu mempunyai cara lain silakan ditambahani dengan ketik di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.



Sudirmantoko
Sudirmantoko Luruskan niat, perbaiki akhlaq dan kuatkan aqidah untuk kontak hub 085246113543

Post a Comment for "Curiga, Nilai Tugas dan Ulangan Online Siswa 100 semua."

Rapidgator.net