Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PRESENTASI PRA PEMBELAJARAN

PRESENTASI PRA PEMBELAJARAN

Memasuki semester ke II, tahun pembelajaran ini, saya mencoba menerapkan pola presentasi disetiap awal pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Presentasi dimulai dari siswa/i yang meraih juara I dan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya oleh siswa/i yang juara II, III dan seterusnya.

dari model pembelajaran seperti ini berbagai respon dan tanggapan muncul dari siswa, diantara mereka ada yang mengatakan takut maju, namun di beberapa siswa lainnya justru menjadi kebanggaan, karena selama ini belum pernah diberi kesempatan untuk presentasi atau mengajar di depan kelas. mereka yang juara I, II dan III dan seterusnya harus menunjukkan bahwa mereka memang layak memperoleh prestasi itu.

Hal yang terkadang di luar dugaan,  ada beberapa siswa maupun siswi yang kemampuan menghafal dan menjelaskan dengan baik, bahkan materinya mengambil bahan2 diluar buku pegangan siswa maupun guru. ada yang menjelaskan sambil menulis di papan tulis, ada bahkan yang melakukan tanya jawab. subhanallah.

mudah2an ini generasi-generasi penerus yang bisa diharapkan.

kelebihan lain dari pola ini, setidaknya siswa yang presentasi di hari itu telah menguasai materi dan siswa yang lain dapat mendengarkan penjelasan sesuai dengan bahasa rekan-rekan mereka sendiri.

sepertinya metode ini menurut saya, sangat baik untuk menumbuhkan percaya diri dan tanggung jawab siswa.

semoga bermanfaat.
Sudirmantoko
Sudirmantoko Luruskan niat, perbaiki akhlaq dan kuatkan aqidah untuk kontak hub 085246113543

Post a Comment for "PRESENTASI PRA PEMBELAJARAN"

Rapidgator.net